Powered By Blogger

Kamis, 19 Mei 2011

Mengenal rajutan ( crocheting dan knitting)

Pertama kali kenal rajutan, waktu masih smp, karena ikut ekstrakulikuler menjahit :) Tapi waktu itu belum terlalu mudeng pas gurunya ngajarin, untung punya temen yang pinter :D yang bisa ditanya2 terus hehe ( jadi,setidaknya gak banyak ngrepotin guru ). Waktu itu bikin taplak mungil, dan hasilnya masih di simpen sampe sekarang :)

Setelah sekian lama waktu berlalu, jadi kepikiran lagi buat belajar merajut. Pas mudik lumayan lama di Surabaya,jadilah hunting kursus merajut. Ada banyak pilihan,yang umumnya ada di mall2 disurabaya. Bisa dicari di Giant A yani, Plaza Surabaya, atau Royal Plaza.
Dan satu lagi tempat kursus ( yang akhirnya aku pilih ), di toko Kurnia jalan Bubutan Surabaya. Informasi ini didapat gak sengaja dari obrolan ringan dengan mbak perawat akupuntur. Katanya toko itu lumayan lengkap buat para penggemar prakarya :)
Tak sabar, segeralah meluncur kesana, dengan sedikit nyasar, sampe juga di toko Kurnia,yang ternyata tempatnya gak jauh dari BG Junction Bubutan :) Setelah tanya2, woww  kok biaya kursusnya lumayan murah, Rp 10.000 untuk 3 jam. Jadi sistem kursusnya per kedatangan. Jadwalnya ada tiap hari kecuali minggu dan tanggal merah. Waktunya dimulai jam 12 siang. Murah kan ? :) gabung yuuk..

Disinilah mulai kenal rajutan lebih dalam :) Ada dua cara untuk merajut, menggunakan satu jarum ( hook) biasa kita kenal dengan crocheting (hakken), dan dengan dua jarum ( bisa sampe 4 jarum) yang kita kenal dengan knitting.
Perbedaan keduanya, bisa dilihat dari hasil kreasinya. Untuk crocheting, biasanya dikreasikan untuk membuat taplak meja, tas, bandana, pernak pernik rumah dll. Sedangkan untuk knitting, dikreasikan untuk membuat sweter, mantel, sarung tangan dll.
Semuanya menarik, dan semuanya patut di coba :) Yuk, berkreasi.




11 komentar:

  1. mbak, kursusnya buka dari jam 12 mpe jam brp yah?

    BalasHapus
  2. maaf lupa..kalo gk salah tempatnya di daerah khusu kerajinan.

    BalasHapus
  3. maaf mau numpang info lapak teman, www.craftstudio11.com
    khusus benang rajut import.
    tokonya di jakarta, tapi bisa pesan via email atau phone 021-95009700

    BalasHapus
  4. mbak, numpang nanya boleh ya :)
    selain kursus knitting dan crocheting, di sana ada kursus yg lain ga mbak?

    BalasHapus
  5. saya pernah belajar bikin keset mba.

    BalasHapus
  6. Terima kasih mbak, Semoga bimbingannya bisa mengharumkan dunia Rajut khususnya di Nusantara

    BalasHapus
  7. Kursusnya berapa lama sampai bisa mbak?

    BalasHapus
  8. disana juat alat rajutnya juga?

    BalasHapus
  9. Ini msh bisa dijumpai ngga ya tempatnya??

    BalasHapus