Powered By Blogger

Minggu, 24 Maret 2013

RAINBOW CAKE

Virus rainbow cake ini baru menghampiriku. Setelah setahun lamanya, tepatnya tahun 2012 virus cake ini menjalar di kampung ruwais. Konon, cake ini sangat booming di Indonesia dari tahun 2011. Awal mula mengenal si pelangi ini, dari postingan teman2 di fb. Cake pelangi ini memang sangat menarik penampilannya, cantik dan indah. Tapi dari sudut pandang saya saat itu, menganggap cake ini biasa biasa saja, tidak ada yang istimewa selain warnanya yang indah. Dan saya, termasuk orang yang membatasi zat adiktif makanan yang masuk ke tubuh, yang salah satunya adalah zat pewarna makanan.

Tak heran, saya mengacuhkan kue ini, dan tak habis pikir kenapa semua orang menyukainya, hanya karena warnanya yang menarik atau rasanya yang juga menggoda ?Atau karena mengikuti tren saja? karena konon kue ini berasal dari Amerika. Karena kalo sekedar menampilkan keindahan warnanya saja, kuliner Indonesia juga banyak yang berwarna warni, bolu kukus misalnya, atau kue lapis beras/ sagu. Warnanya indah dan rasanya juga enak. Tapi kedua kue ini memang masuk dalam kategori jajanan pasar, yaitu kue2 yang banyak di jajakan di pasar. Berbeda dengan kue pelangi ini, yang memang sedikit prestis kehadiranya, sebagai kue ulang tahun.

Kembali ke pelangi, adalah teman sekaligus tetanggaku yang memperkenalkan rainbow cake ini kepada saya. Dia suka sekali membuat aneka cake ultah, tiap anggota keluarganya ulang tahun. Dari kedua anaknya sampai suaminya. Dan mendaratlah sepotong rainbow cake di rumahku. Pembuat, sekaligus pengantar, yang temanku itu sengaja untuk menungguku merasakan raibow cake hasil buatanya, menungguku untuk berkomentar, karena memang kue pelangi itu hasil buatan perdananya.

Agak ragu mencicipi si pelangi, karena warnanya yang menyala2, tapi untuk menghormati si pembuat kue,masuklah sepotong kue di mulut, dan rasanya segar. Kok segar? karena saya langsung jatuh hati pada krimnya. Krim yang ada di tiap lapis kue ini memang menggunakan campuran air lemon, antara campuran krim keju dan lemon, paduan yang pas, menjadian kue ini gak eneg, tapi bikin tambah lagi. :D

Karena kesengsem dengan krimnya, akhirnya saya ngotot ke teman saya untuk minta di ajarkan membuat rainbow cake. Awalnya saya hanya minta 3 lapis kue saja untuk menghemat waktu dan gak perlu berwarna warni, cukup coklat dan natural saja, untuk menghindari pewarna ( karena jujur saya cuma suka krimnya). Tapi karena teman2 yang lain berminat untuk kursus singkat ini, jadilah kesepakatan bersama, membuat yang original rainbow cake, cake warna- warni seperti pelangi.

Resep rainbow cake :
7 telur utuh
7 kuning telur
210 gr tepung terigu
210 gr margarin / 140 gr margarin+70 gr butter
210 gula pasir
15 gr susu bubuk
SP secukupnya

Cara membuat seperti membuat sponge cake. Adonan dibagi 6 warna, taruh dalam loyang 20 cm. Oven suhu 180C selama 10-15 menit.

Cream cheese frosting:
250 gr cream cheese
100 gr butter
120 gr gula halus ( bisa dikurangi kalo terlalu manis)
1 sdm jeruk nipis

Cara membuat : kocok butter sampai pucat, masukkan cream cheese +gula+ air jeruk, kocok kembali dan siap untuk olesan tiap layer.












 Lumayan cantik kan? yang penting rasanya :D










Tidak ada komentar:

Posting Komentar