Powered By Blogger

Minggu, 10 Februari 2013

MARTABAK TELOR

Tinggal di negeri orang, memang harus kreatif membuat makanan, apalagi kalo lidah kurang cocok dengan makanan lokal. Berbekal fasilitas internet yang lancar, bahan2 makanan yang banyak tersedia di pasar, berselancarlah kita setiap hari di dunia maya, dan berteman baik dengan mesin pencari, untuk mengimpor resep masakan khas dari negeri tercinta. Hasilnya, terkadang terheran2 sendiri,,,eh jadi kuenya, enak, persis kaya yang di jual ditoko hehe...Itu kalo berhasil, kalo gagal? silahkan mencoba lagi :D

Pertama kali liat martabak telor disini, sempat surpise, kok pinter2 ya ibu2 sini, buat martabak telor persis yang dijual di indo. Karena menurut pengamatan saya, bikin kulit martabaknya butuh ketrampilan tangan, untuk mendapatkan kulit martabak yang tipis. Setelah bertanya kesana sini, ternyata cukup ditipiskan denga tangan, gayanya seperti orang mengurut badan.

Dengan semangat penuh, saya coba menaklukkan martabak telor, dan dari hasil googling , akhirnya mendapat resep kulit martabak sebagai berikut :

Adonan kulit martabak
Tepung terigu protein sedang 300 gr
air 175 ml
garam secukupnya
minyak goreng untuk merendam

Cara buat
1. Campur tepung terigu dan garam, tambahkan air sedikit sedikit , uleni sampai kalis ( tidak lengket di tangan)
2. Bagi adonan menjadi 4 bagian, rendam dengan minyak goreng selama 1-2 jam. Pastikan adonan terendam semua.
3. Ambil satu adonan, taruh diatas wadah datar atau atas meja bersih, tipiskan adonan dengan menggunakan tangan sampai rata.
4. Panaskan wajan datar dengan api kecil dan sedikit minyak. Taruh adonan kulit diatas wajan datar, beri isian , tutup keempat sisinya, biarkan sesaat, sampai kulit setengah kering.
5. Panaskan wajan biasa dengan minyak secukupnya. Pindahkan martabak dari wajan datar, goreng sampai matang.


Note: memang cara bikinya sedikit ribet, karena harus memakai 2 wajan, datar dan biasa. tapi itulah hasil eksperimen dari saya, dan hasilnya "enak, garing..." setidaknya itulah komentar dari tetangga saya. Komen dari saya, cukup memuaskan :)


siap dikirim ke tetangga







Tidak ada komentar:

Posting Komentar